Rabu, 10 Desember 2008

MOTTO SIMALUNGUN


"HABONARAN DO BONA".


Itulah Motto orang Simalungun. Motto ini merupakan sebuah filosofi yang apabila dikaji secara mendalam akan memberikan makna dan arti yang dalam dan cakupannya sangat luas. Saya berpendapat bahwa esensi dari "Habonaran do Bona" ini antara lain adalah bahwa orang Simalungun (Simalunguneese) senantiasa mendahulukan kebenaran (dalam arti yang seluas luasnya), dan dalam setiap perilakunya dimanapun ia berada, senantiasa ingat atau tidak lupa akan kampung halamannya.

Kebenaran dimaksud tadi, sekaligus menjadi atau memberikan kekuatan baginya untuk berbuat dan berperilaku yang baik demi sesama dan kemajuan Simalungun yang kita cintai itu. Secara sederhana dapat diartikan pula bahwa "matahati" rakyat Simalungun menginginkan kebenaran, ingin kesejukan, ingin keadilan dan ingin kesejahteraan. Dilain pihak, banyak putra-putri Simalungun yang berhasil dan telah menjadi profesional dibidangnya, baik di dalam, maupun di luar nageri.

Akan tetapi, kita bohongi, karena kepentingan kita sesaat, seolah tidak perduli dan tidak ingat lagi "Simalungun tanoh hasusuranni" or Simalunguneese Forefather Birthland. Diateitupa. SC/ben

Tidak ada komentar: